Latest News

Tips Atasi Oli Rembes Ke Busi

Mungkin anda pernah mengalami saat melepas busi kemudian anda melihat kondisi busi berair terkena oli. Jika busi berair oli, hal ini mengidentifikasikan bahwa oli mesin masuk ke dalam ruang bakar. Tahukah anda penyebab busi kendaraan berair lantaran oli yang masuk ke dalam ruang bakar (oli rembes ke busi) ?. Dari mana oli tersebut sanggup masuk ke dalam ruang bakar ?.

Penyebab oli merembes ke busi sanggup disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
Seal tutup katup (klep) yang rusak
Pada batang klep terdapat seal klep yang mempunyai fungsi untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang bakar bila klep membuka. Jika seal klep mengeras atau rusak sanggup menjadikan oli merembes masuk melalui potongan klep. Oleh lantaran itu bila melaksanakan pembongkaran katup maka dianjurkan untuk mengganti seal klep dengan yang baru.

Gasket kepala silider rusak
Antara kepala silinder dan blok silinder dipasangkan gasket yang berfungsi sebagai perapat yang berfungsi untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang bakar dan untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi. Gasket kepala silinder usang kelamaan akan mengeras lantaran efek panas sehingga sanggup menjadikan oli masuk ke dalam ruang bakar, balasannya busi akan berair lantaran oli. Selain itu, oli mesin juga sanggup terlihat bocor dari potongan atas mesin.

Cara memperbaiki oli yang masuk ke dalam ruang bakar sanggup dilakukan dengan cara berikut ini :
Oli mesin yang merembes masuk ke dalam ruang bakar akan menjadikan oli cepat habis lantaran ikut terbakar, sehingga bila jumlah oli menjadi kurang dari spesifikasinya maka mesin akan menjadi cepat panas (over heating), komponen-komponen yang saling bersinggungan tidak sanggup terlumasi dengan baik balasannya menjadi cepat aus dan lain-lain. Sehingga bila terlihat indikasi busi berair terkena oli maka segeralah lakukan investigasi penyebabnya dan kemudian lakukan perbaikan. Jika penyebab oli rembes ialah lantaran seal klep rusak maka cara mengatasinya ialah dengan mengganti seal klep dengan yang baru. Sedangkan bila penyebab oli rembes ialah lantaran gasket kepala silinder yang rusak maka gantilah gasket kepala silinder dengan yang baru.

0 Response to "Tips Atasi Oli Rembes Ke Busi"

Total Pageviews