Latest News

Kenali Lantaran Kendaraan Beroda Empat Ngebul

Sering kita jumpai kendaraan yang mengeluarkan asap atau sering disebut dengan istilah “Ngebul” dijalanan. Kendaraan ngebul sanggup menjadi duduk kasus atau malah memang bukan duduk kasus tapi kalo kendaraan itu tidak ngebul malah menjadi masalah. Kenapa demikian? Untuk mengetahui apakah kendaraan ngebul itu duduk kasus atau bukan maka kita perlu mempelajari perihal dasar-dasar otomotif mengenai motor 4 tak dan motor 2 tak. Pada umumnya kendaraan beroda empat memakai prinsip kerja motor 4 tak sehingga jikalau kendaraan beroda empat ada kendaraan beroda empat ngebul tentu saja menjadi masalah. Berbeda dengan sepeda motor, pada sepeda motor masih ada yang memakai prinsip kerja motor 2 tak sehingga bila sepeda motor itu ngebul sanggup berarti bukan masalah.

Ngebul itu artinya kendaraan mengeluarkan asap dari knalpot, asap tersebut sanggup berwarna putih dan sanggup berwarna hitam. Ngebul dengan asap putih membuktikan bahwa pada proses pembakaran oli ikut terbakar sedangkan bila ngebul dengn asap hitam menandakan bahwa campuran materi bakar dan udara kaya dikala dibakar sehingga menghasilkan HC (hidrocarbon) yang lebih banyak. Mobil yang ngebul warna hitam sanggup ditangani atau diperbaiki dengan menservis dan menyetel adonan materi bakar dan udaranya sedangkan kendaraan beroda empat yang ngebul warna putih maka harus dicari penyebab oli sanggup ikut terbakar. Oli mesin sanggup masuk ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar sanggup disebabkan oleh beberapa hal, antara lain :
  1. Oli masuk melalui penggalan prosedur katup
  2. Oli masuk melalui gasket antara blok silinder dan kepala silinder
  3. Oli masuk dari penggalan kolam engkol melewati ring piston
Untuk mengetahui dari mana oli masuk ke ruang bakar sanggup dilakukan dengan memakai tes kompresi, caranya lakukan langkah tes kompresi dan masukkan beberapa tetes oli kedalam ruang bakar melalui lubang busi, lihat hasil tes kompresinya. Apabila ters kompresi naik ketika oli ditambahkan kedalam ruang bakar, hal ini membuktikan bahwa penggalan yang bocor yang menjadikan oli masuk itu berasal pada penggalan bawa kepala silinder, sanggup penggalan gasket atau penggalan ring piston dan blok silinder. Sedangkan jikalau tekanan kompresi tetap sama atau tidak naik ketika oli ditambahkan kedalam ruang bakar maka membuktikan penggalan yang bocor yang menjadikan oli masuk itu berasal pada penggalan atas silinder ialah sanggup dari prosedur katupnya. Setelah mengetahui dari mana oli masuk maka lakukan langkah perbaikan.

Tapi pada motor dengan prinsip kerja 2 tak, bila negbul asap putih berarti bukan masalah, akan tetapi jikalau tidak mengeluarkan asap maka bermasalah, lantaran pada proses pembakaran pada motor 2 tak memerlukan oli samping. Oli samping ini berfungsi untuk melumasi penggalan kolam engkol, silinder dan piston. Oli samping ini bercampur dengan bakan bakar bensin yang nantinya akan ikut terbakar, sehingga akan menjadikan asap berwarna putih. Tetapi jikalau oli samping habis atau tidak diisi maka motor tersebut tidak akan mengeluarkan asap putih tapi kesannya penggalan dalam silinder tidak akan terlumasi dan akan menciptakan mesin cepat panas atau over heating. Bila over heating terjadi maka komponen-komponen dari mesin sanggup cepat rusak.

0 Response to "Kenali Lantaran Kendaraan Beroda Empat Ngebul"

Total Pageviews