Latest News

Benar Atau Salah, Merendam Busi Sanggup Memperpanjang Umur Busi?

Ada yang bilang bila merendam busi pada bensin terlebih dahulu sebelum memasangnya dikendaraan sanggup menciptakan umur pakai busi lebih panjang, apakah benar demikian ?. Persepsi tersebut telah banyak menyebar dikalangan masyarakat dan bengkel-bengkel kecil.

Sebenarnya, persepsi tersebut tidak sempurna lantaran busi yang direndam dengan bensin justru sanggup menjadikan umur pakai busi lebih pendek. Pasalnya, bensin sanggup merusak komponen elektroda pada busi lantaran elektroda sanggup terkikis.

Tidakan yang seharusnya, busi jangan dibersihkan dengan cara direndam dengan bensin tetapi bersihkan busi dengan sikat yang telah dilumuri bensin. Artinya, busi jangan direndam dengan bensin tetapi cukup kuas atau sikat untuk membersihkan busi yang dilumuri bensin.
Setelah busi final dibersihkan, kemudian eksklusif keringkan dengan memakai udara yang bertekanan. Setelah benar-benar kering, maka busi sanggup eksklusif dipasang pada lubang busi.

Sehingga tidak sempurna bila melaksanakan tidakan merendam busi dalam bensin akan memperpanjang umur busi. Umur pakai busi akan dipengaruhi oleh faktor-faktor pembakaran dan sikap pengemudi.

Bila adonan materi bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar terlalu kaya maka akan menciptakan permukaan busi tertumpuk oleh karbon. Identifikasinya bila adonan materi bakar dan udara kaya maka akan terlihat di permukaan isolator dan elektroda busi akan bewarna hitam lantaran karbon. Tumpukan karbon pada busi akan memperpendek umur pakai busi.

Tapi bila adonan materi bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar itu miskin maka akan menciptakan busi cepat panas. Identifikasinya bila adonan materi bakar dan udara ini miskin maka akan terlihat pada elektroda busi berkembang menjadi warna keputihan. Temperatur yang panas di dalam ruang bakar akan memperpendek umur dari busi.

Selain itu, bila permukaan busi terlihat berwarna hitam lantaran oli. Hal itu bertanda bahwa oli masuk ke dalam ruang bakar dan ikut terbakar ketika proses pembakaran. Oli yang menumpuk tersebut sanggup memperpendek umur busi.

Oleh alasannya itu, bila menginginkan umur busi panjang maka selalu lakukanlah perawatan bersiklus pada mesin.

0 Response to "Benar Atau Salah, Merendam Busi Sanggup Memperpanjang Umur Busi?"

Total Pageviews