Latest News

Fungsi Dan Konstruksi Tangki Materi Bakar (Fuel Tank)

Untuk menyimpan materi bakar atau bensin dikendaraan maka digunakanlah tangki. Fungsi dari tangki materi bakar yaitu untuk menampung materi bakar dalam jumlah tertentu di kendaraan. Tangki materi bakar termasuk bab dari komponen-komponen sistem materi bakar.

Kontruksi atau bagian-bagian dari tangki materi bakar (fuel tank) :

Separator
“Untuk apa separator dipakai pada tangki materi bakar ?” Jawabannya yaitu separator dipakai untuk mencegah terjadinya gunacangan pada materi bakar didalam tangki ketika kendaraan berjalan ditempat yang tidak rata atau separator juga dipakai untuk mencegah permukaan materi bakar didalam tangki tidak miring jawaban kendaraan berjalan dijalan menanjak atau turun sehingga materi bakar akan selalu terhisap oleh pompa bensin bukan menghisap udara. Itulah fungsi dari separator yang dipasangkan pada tangki materi bakar.

Baut penguras
Baut penguras dipakai pada tangki materi bakar untuk menguras bensin dan juga untuk menguras air jikalau ada didalam tangki materi bakar. Pertanyaannya “kenapa didalam tangki materi bakar sanggup terdapat air ?”. Jawabannya yaitu, didalam udara mengandung air, jikalau mengisi materi bakar tidak penuh maka didalam tangki akan terdapat udara. Pada kondisi dingin, air sanggup mengembun didinding-dinding tangki materi bakar, jawaban dari embunan air inilah kenapa ada air yang masuk kedalam tangki materi bakar. Air mempunyai berat jenis yang lebih berat dibanding dengan materi bakar sehingga air akan berada dibawah materi bakar. Jika ada air didalam tangki maka menyerupai yang kita tahu, tangki akan mempunyai kemungkinan untuk terjadi karat sehingga air yang ada pada tangki harus dikuras melalui baut penguras.

Tutup tangki
Tutup tangki mempunyai fungsi untuk mencegah supaya materi bakar tidak keluar dari tangki saar terjadi guncangan. Pada tutup tangki sendiri ada tipe tutup tangki yang mempunyai lubang ventilasi. Lubang ventilasi ini perlu diadakan alasannya ialah lubang ventilasi ini berfungsi untuk menyamakan tekanan pada ruang didalam tangki dengan tekanan udara luar. Jika tutup tangki tidak mempunyai lubang ventilasi maka sanggup jadi tangki mempunyai lubang ventilasi tersendiri dengan memakai katup.

Kelebihan ventilasi pada tutup tangki yaitu :
  • Tipe ventilasi pada tutup tangki ini sering dipakai pada mobil.
  • Jika ujung dari susukan lubang ventilasi ini tidak terpasang pada daerah yang higienis maka kotoran akan sanggup masuk kedalam tangki materi bakar.

Kelebihan ventilasi dengan katup yaitu :
  • Pada tipe ventilasi dengan katup ini akan lebih kondusif terhadap terjadinya kebocoran ketika posisi kendaraan miring atau terbalik sekalipun.
  • Penguapan dari materi bakarnya lebih sedikit sehingga materi bakar akan lebih irit.

Fuel Sender Gauge
Fuel sender gauge merupakan komponen pada tangki materi bakar yang mempunyai fungsi untuk mendeteksi tinggi permukaan materi bakar di dalam tangki ke pengendara sehingga pengendara akan mengetahui apakah materi bakar masih ada atau sudah hampir habis.

0 Response to "Fungsi Dan Konstruksi Tangki Materi Bakar (Fuel Tank)"

Total Pageviews