Latest News

Cara Merawat Busi Supaya Awet

Advertisement
Cara Merawat Busi Agar Awet - Salah satu komponen gampang rusak yang wajib anda perhatikan ialah busi. Karena busi sangat penting bagi kendaraan bermotor apapun sebagai pemantik dalam proses pembakaran ( pengapian ). Beberapa pengendara mungkin sebal dikala dalam perjalanan jauh datang - datang motor yang ia tunggangi mogok ,ada beberapa orang yang lebih menentukan pribadi melaksanakan penggantian toh harganya yang murah antara 15rb sampai 20rb untuk busi biasa dan diatas 100rb untuk busi jenis platina iridium. Namun tentu hal ini juga akan merepotkan bukan?. Berikut beberapa cara yang sanggup anda gunakan untuk merawat busi supaya lebih infinit sehingga waktu penggantian pun menjadi sedikit lebih lama.

Penggunaan materi bakar.
Bahan bakar sangat kuat terhadap busi ,Bahan bakar yang mengandung timbal ( premium ) biasanya lebih banyak menghasilkan karbon yang mengotori busi. Dan busi yang kotor otomatis tidak sanggup berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk rekomendasi dari penulis gunakanlah materi bakar tanpa timbal ( pertamax ). Memang harga pertamak lebih mahal ketimbang premium namun yang perlu anda tahu dari pengalaman penulis melaksanakan uji coba dengan membeli masing - masing bensin dan pertamax seharga 20 ribu ternyata jarak tempuh motor dengan materi bakar pertamax bisa menempuh jarak lebih jauh.

Cara Merawat Busi Agar Awet


Membersihkan secara berkala.
Sesekali kalau ada waktu luang dikala setelah melaksanakan perjalanan jauh ,bongkarlah busi serta membersihkan kotoran yang menempel pada anoda dan katodanya dengan cara menyikat memakai sikat berbahan kawat halus dengan dilumuri bensin. Setelah disikat rendamlah ujung busi kedalam bensin supaya kerak yang menempel luruh / rontok.

Menyetel Celah busi.
Setelah anda membersihkan busi dari kotoran akhir pembakaran yang tidak tepat jangan lupa juga untuk menyetel celah busi memakai Spark plug gap gauge ,beberapa kendaraan mempunyai kerenggangan yang berbeda silahkan anda buka buku panduan pemilik.

Jalur Pengapian.
Pastikan jalur didalam sistim pengapian berfungsi dengan baik terutama pada bab kabel busi. Bila anda merasa pengapian sudah tidak tepat bisa jadi ada bab ini yang bermasalah. Segeralah melaksanakan penggantian kalau ditemukan masalah.

Untuk persiapan dan jaga - jaga sebaiknya anda menyimpan busi cadangan sebanyak dua buah serta satu set perlengkapan kunci busi didalam bagasi motor ,hal ini dimaksudkan supaya dikala anda melaksanakan perjalanan jauh dan busi bermasalah anda bisa pribadi segera menggantinya. Ingat jangan pernah mengeluarkan peralatan ini dari bagasi ya!.

0 Response to "Cara Merawat Busi Supaya Awet"

Total Pageviews