Latest News

Mengenal Jenis Jenis Suspensi Mobil

Advertisement
Macam macam jenis suspensi mobil - sungguh tidak nyaman sekali kalau anda mengendarai kendaraan beroda empat tanpa adanya part yang satu ini yakni suspensi.tanpa suspensi kendaraan beroda empat yang kita kendarai niscaya rasanya ibarat anda sedang naik gerobak. Bahkan kendaraan ibarat becak pun menggunakan suspensi untuk menambah kenyamanan walaupun desain dari suspensi itu sendiri sangat simpel.

Maka jangan heran kalau di setiap kendaraan beroda empat juga diaplikasikan sistim suspensi dengan banyak sekali desain yang bervariasi. Beberapa model mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing masing. Bila anda ingin mengenal lebih jauh mengenai jenis jenis suspensi yang ada pada kendaraan beroda empat berikut kami berikan ulasannya secara detail.

1. SUSPENSI MACPHERSON

mcpherson
eurobricks.com
Nama suspensi macpherson diambil dari nama penemunya yakni Earle Macpherson. Suspensi jenis ini ialah suspensi yang paling banyak diaplikasikan oleh sebagian kendaraan beroda empat didunia. Dan beberapa alasan yang mengakibatkan suspensi jenis ini banyak disukai oleh produsen otomotif ialah harganya yang sangat berjangkau , mempunyai komponen yang sangat simple dan yang terang gampang didapat. Suspensi type ini ialah suspensi berbentuk tegak dengan didukung oleh sebuah peredam kejut yang juga menjadi titik sentra sudut caster pada mobil.kontruksi jenis ini banyak diaplikasikan ke dalam jenis kendaraan beroda empat ibarat avanza , yaris , vios , corolla , carry dan sebagian besar kendaraan beroda empat sedan.

Baca juga : Tips modifikasi avanza xenia biar suspensinya empuk

Kekurangan dari suspensi ini ialah kurang mampunya suspensi dalam mendapatkan beban dan berubahnya sudut kemiringan geometri roda ketika membelok , sehingga ban kurang bisa mencengkeram secara tepat terhadap aspal jalan. Walaupun demikian banyak kendaraan beroda empat glamor yang masih mengaplikasikannya ke produk mereka , misal saja BWM ,MARCEDES dll. Untuk mengenal lebih jauh perihal suspensi model ini baca selengkapnya di : Mengenal suspensi Macpherson kelebihan dan kekurangannya



2. SUSPENSI DOUBLE WHISBONE

double whisbone
civicforum.com
Ciri yang menonjol dari kontruksi suspensi jenis ini ialah adanya dua buah lengan ( arm ) yang menopang belahan sistim suspensi itu sendiri yakni lower arm dan upper arm. Dengan desain yang independen ibarat itu maka seberapa jauh sudut belokan dan seberapa jauh suspensi ini bergerak maka sudut sudut geometri roda akan tetap konstan/tetap. Kontruksi double whisbone ini banyak diaplikasikan ke dalam kendaraan ibarat kijang ,innova ,fortuner ,hilux ,isusu ,dll.

Kekurangan dari suspensi jenis ini ialah membutuhkan ruang yang lebih besar , dalam pembongkaran pun lebih membutuhkan waktu yang usang kalau anda hendak mengganti sockbreker ( peredam kejut ). Dan yang sering terjadi ialah cepat rusaknya part ibarat balljoint ( baik atas maupun bawah ) , long tie rod , end tierod. Untuk mengurangi resiko ini anda sebaiknya melaksanakan spooring bersiklus terhadap kendaraan beroda empat anda. begitu juga dalam pengerjaan spooring biasanya membutuhkan waktu yang lebih usang sebab tingkat kerumitan terbilang sedang. Untuk mengetahui klarifikasi lengkap mengenai suspensi ini silahkan baca selengkapnya di : Kelebihan dan kekurangan suspensi double wishbone

Baca juga : Tips merawat karet beling kendaraan beroda empat biar tidak cepat rusak



3. SUSPENSI MULTI LINK

multi link
multibody.net
Suspensi multilink ialah suspensi hasil pengembangan dari double whisbone. Suspensi type ini mempunyai desain kontruksi yang sangat rumit dengan belahan bagian yang terpisah yang disatukan oleh sendi sendi dan tiap ujung komponen berporos di kedua sisi arm. Kontruksi dibentuk menurut memanipulasi arah gaya yang nantinya diperkirakan akan diterima oleh roda , baik itu benturan vertikal ibarat ketika kendaraan beroda empat menginjak lubang , benturan dari arah samping dan lain sebagainya.

Kontruksi jenis ini diclaim mempunyai daya cengkeram yang tepat dan lebih gampang dalam pengendalian di jalan buruk sekalipun.variasi dari desain suspensi ini kini bervariasi. Kekurangan dari suspensi jenis ini tentu serumit kontruksinya kalau menerima kerusakan. Membutuhkan waktu yang lebih usang lagi dalam proses penggantian. Dan mahalnya harga  part yang masih jarang ada dipasaran sebab memang jarang kendaraan beroda empat yang menggunakan suspensi jenis ini.

4. SUSPENSI AXLE RIGID
axe rigid
vibes.com
Axle rigid merupakan suspensi yang letaknya berada di belakang sebuah mobil.suspensi ini mempunyai ciri umum yaitu roda belahan belakang kiri dan roda belakang kanan dihubungkan menjadi satu dengan satu axle/poros yang kita biasa menyebutnya dengan istilah GARDAN. Axle rigid pun dibagi lagi kedalam dua model yaitu axle rigid dengan pegas daun dan axle rigid dengan pegas coil ( per ).

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan suspensi model per daun



5. SUSPENSI INDEPENDEN

Suspensi independent didesain secara khusus dan antara roda kiri dan kanan belakang kendaraan beroda empat tidak dihubungkan secara pribadi melainkan di hubungkan dengan sebuah sendi sendi axle sehingga misal roda belakang kiri menginjak lubang maka kendaraan beroda empat tidak akan goyang sebab hanya suspensi kiri aku yang bergerak dan yang lainnya tidak. suspensi ini banyak diaplikasikan ke dalam jenis kendaraan beroda empat mewah.

independent
ford.co.id
Sebenarnya masih banyak jenis jenis suspensi lain namun yang pokok dan wajib untuk anda ketahui informasi diatas sudah sangat lengkap. Nah mungkin cukup hingga disini goresan pena seputar jenis dan macam suspensi kendaraan beroda empat , semoga bermanfaat dan jangan lupa di share.


0 Response to "Mengenal Jenis Jenis Suspensi Mobil"

Total Pageviews