Latest News

Fungsi Tie Rod Dan Cara Cek Kerusakan

Advertisement
Fungsi Tie Rod pernahkah anda mendengar istilah tie rod namun belum mengetahui bentuk dan fungsi utama dari tie rod ,berikut akan aku bagikan artikel mengenai fungsi dan cara mengecek kerusakan Tie Rod.

Fungsi Tie Rod ini mempunyai fungsi utama yaitu untuk meneruskan putaran kemudi dari strir yang dihubungkan ke rackgear menuju roda sehingga roda depan pada kendaraan beroda empat sanggup dibelokkan.
Untuk Tie rod ini sendiri masih dibagi kedalam 2 jenis part yakni tie rod pendek dan tie rod panjang. Tie rod pendek yaitu belahan yang melekat pada ujung dudukan knukle yang dihubungkan dengan sebuah joint. Sedangkan tie rod panjang ini terhubung pribadi ke Rack steer.

fungsi tie rod


Apa yang terjadi Tie Rod rusak.
Bila komponen ini rusak yaitu jikalau kendaraan beroda empat dikendarai di jalanan buruk yang bergelombang stir terasa getar ,timbul suara bunyian yang menganggu di belahan bawah ( understeel ) ,adanya freeplay di belahan steer sehingga terkadang stir susah sikendalikan ,menyebabkan ban aus bergelombang alasannya yaitu gerakan roda keluar masuk jawaban oblaknya tierod ini.

Cara Memeriksa Kerusakan Tie Rod.
Untuk menilik kerusakan dari Tie Rod anda sanggup mendongkrak ban depan kendaraan beroda empat ,kemudian mintalah seorang teman anda untuk menggoyangkan roda ke kiri dan kekanan sedangkan anda memegang batang tie rod. Bila terasa oblak berarti tie rod telah mengalami kerusakan dan sebaiknya harus anda ganti.
Pada kendaraan beroda empat Toyota Kijang Innova mempunyai tingkat kerusakan paling banyak ketimbang kendaraan beroda empat sedan atau kendaraan beroda empat sejenis yang memakai suspensi Mc.person.

Penggantian Tie Rod.
Sebaiknya anda hanya mengganti di bengkel resmi alasannya yaitu selain part yang diberikan yaitu ASLI ,anda juga mendapat Warranti. Walaupun harga di dealer resmi lebih mahal , Part orisinil mempunyai usia pakai yang lebih usang ketimbang suku jadang Non Original yang biasa di beli di toko penyedia suku cadang.




0 Response to "Fungsi Tie Rod Dan Cara Cek Kerusakan"

Total Pageviews